BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan
teknologi informasi saat ini telah menjalar dan memasuki setiap dimensi
aspek kehidupan manusia. Teknolgi informasi saat ini memainkan peran
yang besar didalam kegiatan bisnis, perubahan sturktur organisasi, dan
mannajemen organisasi. Dilain pihak, teknologi informasi juga memberikan
peranan yang besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama
dalam suatu institusi akademik. Perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran adalah diperkayanya sumber belajar dan
media pembelajaran. Media komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran
karena memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media
pembelajaran lainnya yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara
individu dengan mahasiswa.Oleh karena itu kami akan membahas bagaimana
Manfaat komputer dan Internet sebagai meadia pembelajaran.
Juga tentang keuntungan memiliki blog dalam proses pendidikan itu sangat bagus karena banyak anak sekarang yang jarang menggunakan internet dengan benar seperti: membuka situs yang tidak seharusnya mereka buka diusia remaja ini.
1.2 Rumusan Masalah
· Bagaimana Manfaat Komputer sebagai Media Pembelajaran?
· Bagaimana Manfaat Internet sebagai Media Pembelajaran?
· Bagaimana Kelebihan dan Kekurangan dari Media Komputer dan Internet yang digunakan sebagai Media Pembelajaran?
bagaimana keuntungan memiliki blog dalam proses pendidikan
1.3 Tujuan Penulisan
· Untuk mengetahui Manfaat Komputer sebagai Media Pembelajaran.
· Untuk Mengetahui Manfaat Internet sebagai Media Pembelajaran.
· Untuk Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan dari Media Komputer dan Internet yang digunakan sebagai Media Pembelajaran.
i untuk mengetahui keuntungan memiliki blog dalam proses pendidikan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1Manfaat Komputer sebagai Media pembelajaran
Perkembangan IPTEK terhadap proses pembelajaran adalah diperkayanya sumber belajar dan
media pembelajaran. Media komputer dimanfaatkan dalam pembelajaran
karena memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media
pembelajaran lainnya yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara
individu dengan mahasiswa. Model pembelajaran yang diterapkan dalam
pembelajaran berbantuan komputer secara umum dapat diklasifikasikan
menjadi empat model, yaitu :
1) tutorial,
2) drill and practice,
3) simulation, dan
4) problem-solving.
Dalam model 1 dan
2, komputer berperan sebagai pengajar, sedangkan model 3 dan 4, untuk
mengembangkan penggunaan kemampuan memecahkan masalah melalui pendekatan
discovery atau exploratory. Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa
pembelajaran ini dapat meningkatkan motifasi belajar, media pembelajaran yang efektif, tidak adanya batas ruang dan waktu belajar.Dengan
perkembangannya yang semakin canggih, maka sampai saat ini banyak
dirasakan manfaatnya dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satu manfaat
komputer adalah dalam bidang pendidikan misalnya
multimedia. Dimana dengan pemanfaatan multimedia, proses pembelajaran
lebih bermakna, karena mampu menampilkan teks, warna, suara, video,
gerak, gambar serta mampu menampilkan kepintaran yang dapat menyajikan
proses interaktif. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga bermanfaat dalam pendidikan,
salah satunya adalah pembelajaran berbantuan komputer, dalam
penggunaannya menurut Sudjana dan Rivai (1989) terdapat beberapa model
pembelajaran berbantuan komputer.
A. Komputer sebagai Media Pembelajaran
Aplikasi komputer dalam bidang pembelajaran memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara individual (individual learning). Pemakai komputer atau user dapat melakukan interaksi langsung dengan sumber informasi.
Perkembangan teknologi komputer jaringan (computer network/Internert)
saat ini telah memungkinkan pemakainya melakukan interaksi dalam
memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi pembelajaran dapat berlangsung dengan tersedianya medium komputer. Beberapa lembaga pendidikan
jarak jauh di sejumlah negara yang telah maju memanfaatkan medium ini
sebagai sarana interaksi. Pemanfaatan ini didasarkan pada kemampuan yang
dimiliki oleh komputer dalam memberikan umpan balik (feedback) yang
segera kepada pemakainya. Contoh penggunaan internet ini adalah
digunakan oleh Universitas terbuka dalam penyelenggaraan Universitas
Terbuka Jarak Jauh disamping mahasiswa mendapat modul untuk proses belajar mengajar dia juga dapat mengakses informasi melalui
internet. Kuliah lewat Internet oleh IBU teledukasi.com. Universitas
virtual IBUteledukasi ini didirikan oleh Adi sasono, Ketua Ikatan
Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) bekerjasama dengan Universitas Tun
Abdul Razak (Unitar) Malaysia yang sudah lebih dulu menyelenggarakan
perkuliahan online. Pada
pendidikan jarak jauh Fakultas Kedokteran Universitas Gajah Mada.
Interaksi pembelajaran pada program Magister Manajemen Rumah Sakit dan
Magister Manajemen Pelayanan Kesehatan dilakukan melalui surat
elektronik (e-mail) mahasiswa harus menjawab 75% pertanyaan melalui
e-mail. Contoh lain pemanfaatan jaringan komputer dilakukan di
Universitas Indonesia (UI). Sejak tahun 1994 UI telah mengembangkan
infrastruktur informasi yang dikenal dengan nama Jaringan Universitas
Indonesia Terpadu (JUITA). JUITA menghubungkan sebelas fakultas dan
lembaga-lembaga penting yang ada di UI dengan menggunakan jaringan serat
optik ( Sri Hartati, dkk 1997 dalam Benny A. Pribadi dan Rosita, Tita,
2000).
Penggunaan Jaringan Komputer untuk Pembelajaran
Teknologi
jaringan komputer/internet memberi manfaat bagi pemakainya untuk
melakukan komunikasi secara langsung dengan pemakai lainnya. Hal ini
dimungkinkan dengan diciptakannya sebuah alat bernama modem. Jaringan
komputer/internet memberi kemungkinan bagi pesertanya untuk melakukan
komunikasi tertulis dan saling bertukar pikiran tentang kegiatan belajar
yang mereka lakukan. Jaringan komputer dapat dirancang sedemikian rupa
agar dosen dapat berkomunikasi dengan mahasiswa dan mahasiswa dapat
melakukan interaksi belajar dengan mahasiswa yang lain. Interaksi
pembelajaran dengan menggunakan jaringan komputer tidak saja dapat
dilakukan secara individual, tetapi juga untuk menunjang kegiatan
belajar kelompok. Pemanfaatan jaringan komputer dalam sistem pendidikan
jarak jauh dikenal juga dengan istilah Computer Conferencing System
(CCF). Biasanya sistem ini dilakukan melalui surat elektronik atau
E-mail. Beberapa kelebihan pemanfaatan jaringan komputer dalam sistem
pendidikan jarak jauh yaitu: dapat memperkaya model-model tutorial,
dapat memecahkan masalah belajar yang dihadapi mahasiswa dalam waktu
yang lebih singkat dan dapat mengatasi hambatan ruang dan waktu dalam
memperoleh informasi. CCF memberi kemungkinan bagi mahasiswa dan dosen
untuk melakukan interaksi pembelajaran langsung antar individu, individu
dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.
Penggunaan Jaringan Komputer untuk Pembelajaran
Teknologi
jaringan komputer/internet memberi manfaat bagi pemakainya untuk
melakukan komunikasi secara langsung dengan pemakai lainnya. Hal ini
dimungkinkan dengan diciptakannya sebuah alat bernama modem. Jaringan
komputer/internet memberi kemungkinan bagi pesertanya untuk melakukan
komunikasi tertulis dan saling bertukar pikiran tentang kegiatan belajar
yang mereka lakukan. Jaringan komputer dapat dirancang sedemikian rupa
agar dosen dapat berkomunikasi dengan mahasiswa dan mahasiswa dapat
melakukan interaksi belajar dengan mahasiswa yang lain. Interaksi
pembelajaran dengan menggunakan jaringan komputer tidak saja dapat
dilakukan secara individual, tetapi juga untuk menunjang kegiatan
belajar kelompok. Pemanfaatan jaringan komputer dalam sistem pendidikan
jarak jauh dikenal juga dengan istilah Computer Conferencing System
(CCF). Biasanya sistem ini dilakukan melalui surat elektronik atau
E-mail. Beberapa kelebihan pemanfaatan jaringan komputer dalam sistem
pendidikan jarak jauh yaitu: dapat memperkaya model-model tutorial,
dapat memecahkan masalah belajar yang dihadapi mahasiswa dalam waktu
yang lebih singkat dan dapat mengatasi hambatan ruang dan waktu dalam
memperoleh informasi. CCF memberi kemungkinan bagi mahasiswa dan dosen
untuk melakukan interaksi pembelajaran langsung antar individu, individu
dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.
1. Manfaat komputer di bidang pendidikan
1. Sebagai alat presentasi
dengan bantuan sebuah proyektor kini komputer jinjing dapat
digunakan sebagai alat untuk mempresentasikan sebuah ide ataupun
gagasan, biasanya banyak digunakan dalam rapat pembangunan dan juga
mahasiswa yang mempresentasikan hasil penelitian mereka.
2. Sebagai pengganti mesin ketik
Sekitar
tahun delapan puluhan sampai dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik
masih menjadi andalan dalam menulis laporan ataupun menulis buku , namun
disekitar akhir tahun sembilan puluhan kini posisinya digantikan dengan
komputer yang dikenal lebih simple dan lebih efektif.
3. Sebagai alat hitung
Di
dalam komputer tentunya akan sangat mudah dalam menghitung angka angka ,
banyak sekali angkuntan yang menggunakan ms . excel dalam menghitung
baik jumlah , rata rata dan juga pembagian.
4. Sebagai media komunikasi dengan masyarakat luas
tahukah anda bahwa internet adalah
satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling terhubung
antara satu dengan yang lain, banyak yang digunakan sebagai server , dan
saat ini server terbaik masih di pegang oleh pihak google yang juga
website nomor satu di dunia dengan fasilitas mesin pencarinya, setelah
media yang bermanfaat terupload di server baik itu dalam bentuk pdf
,html dan juga doc . dapat dia akses oleh semua orang di dunia selama
server tetap menyala tentunya , saat server mengalami down ataupun
maintenance maka semua halaman yang kita upload tidak dapat di unduh
ataupun di baca.
2. Kelebihan Komputer
Heinich
dkk. (1986) mengemukakan sejumlah kelebihan dan juga kelemahan yang ada
pada medium komputer. Aplikasi komputer sebagai alat bantu proses
belajar memberikan beberapa keuntungan. Komputer memungkinkan mahasiswa
belajar sesuai dengan kemampuan dan kecepatannya dalam memahami
pengetahuan dan informasi yang ditayangkan. Penggunaan komputer dalam
proses belajar membuat mahasiswa dapat melakukan kontrol terhadap
aktivitas belajarnya. Penggunaan komputer dalam lembaga pendidikan jarak
jauh memberikan keleluasaan terhadap mahasiswa untuk menentukan
kecepatan belajar dan memilih urutan kegiatan belajar sesuai dengan
kebutuhan. Kemampuan komputer untuk menayangkan kembali informasi yang
diperlukan oleh pemakainya, yang diistilahkan dengan "kesabaran
komputer", dapat membantu mahasiswa yang memiliki kecepatan belajar
lambat. Dengan kata lain, komputer dapat menciptakan iklim belajar yang
efektif bagi mahasiswa yang lambat (slow learner), tetapi juga dapat memacu efektivitas belajar bagi mahasiswa yang lebih cepat (fast learner).Disamping itu, komputer dapat diprogram agar mampu memberikan umpan balik terhadap hasil belajar dan memberikan pengukuhan (reinforcement) terhadap prestasi belajar mahasiswa. Dengan kemampuan komputer untuk merekam hasil belajar pemakainya (record keeping),
komputer dapat diprogram untuk memeriksa dan memberikan skor hasil
belajar secara otomatis. Komputer juga dapat dirancang agar dapat
memberikan preskripsi atau saran bagi mahasiswa untuk melakukan kegiatan
belajar tertentu. Kemampuan ini mengakibatkan komputer dapat dijadikan
sebagai sarana untuk pembelajaran yang bersifat individual (individual learning). Kelebihan komputer yang lain adalah kemampuan dalam mengintegrasikan komponen warna, musik dan animasi grafik (graphic animation).
Hal ini menyebabkan komputer mampu menyampaikan informasi dan
pengetahu-an dengan tingkat realisme yang tinggi. Hal ini me-nyebabkan
program komputer sering dijadikan sebagai sarana untuk melakukan
kegiatan belajar yang bersifat simulasi. Lebih jauh, kapasitas memori
yang dimiliki oleh komputer memungkinkan penggunanya menayangkan kembali
hasil belajar yang telah dicapai sebelumnya. Hasil belajar sebelumnya
ini dapat digunakan oleh siswa sebagai dasar pertimbangan untuk
melakukan kegiatan belajar selanjutnya.
Keuntungan
lain dari penggunaan komputer dalam proses belajar dapat meningkatkan
hasil belajar dengan penggunaan waktu dan biaya yang relatif kecil.
Contoh yang tepat untuk ini adalah program komputer simulasi untuk
melakukan percobaan pada mata kuliah sains dan teknologi. Penggunaan
program simulasi dapat mengurangi biaya bahan dan peralatan untuk
melakukan percobaan. (Benny A. Pribadi dan Tita Rosita, 2002:11-12)
3. Kekurangan Komputer
Disamping
memiliki sejumlah kelebihan, komputer sebagai sarana komunikasi
interaktif juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahan pertama adalah
tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer, terutama
yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran. Disamping
itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi. Oleh karena itu pertimbangan biaya dan manfaat (cost benefit analysis) perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan komputer untuk keperluan pendidikan. Masalah lain adalah compatability dan incompability antara hardware dan software. Penggunaan
sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan
spesifikasi yang sesuai. Perangkat lunak sebuah komputer seringkali
tidak dapat digunakan pada komputer yang spesifikasinya tidak sama.
Disamping kedua hal di atas, merancang dan memproduksi program
pembelajaran yang berbasis komputer (computer based instruction)
merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Memproduksi program komputer
merupakan kegiatan intensif yang memerlukan waktu banyak dan juga
keahlian khusus.
2.2 Manfaat Internet Sebagai Media Pembelajaran
Perkembangan
teknologi informasi saat ini telah menjalar dan memasuki setiap dimensi
aspek kehidupan manusia. Teknolgi informasi saat ini memainkan peran
yang besar didalam kegiatan bisnis, perubahan sturktur organisasi, dan
mannajemen organisasi. Dilain pihak, teknologi informasi juga memberikan
peranan yang besar dalam pengembangan keilmuan dan menjadi sarana utama
dalam suatu institusi akademik. Mengutip apa yang dikatakan kadir
(2003), secara garis besar, teknologi informasi memiliki peranan :
1) dapat menggantikan peran manusia, dalam hal ini dapat melakukan otomasi terhadap tugas atau proses;
2) memperkuat peran manusia, yakni dengan menyajikan informasi terhadap suatu tugas dan proses;
3) berperan dalam restrukturissi terhadap peran manusia, dalam melakukan perubahan-perubahan terhadap kumpulan tugas dan proses.
Berdasarkan
pemahaman diatas, maka kehadiran teknologi informasi telah memberikan
kekuatan dan merupakan potensi besar jikalau dimanfaatkan dengan
baik.Mengacu pada paparan diatas, tentunya peranan teknologi informasi
terkhususnya internet tidak dapat disangkal dan telah memberikan
kontribusi yang besar. Roy suryo (2005), telah memberikan gambaran
kepada kita bagaimana teknologi informasi telah memainkan peranan yang
penting dalam suatu komunikasi informasi. Dimana pada tahun 50-an media
komunikasi yang dipakai adalah jam dan kura-kura, pada tahun 50-an s.d
70-an, media yang dipergunakan adalah surat dan teleks, 70-an s.d 90-an
media yang dipergunakan adalah telephon dan faks, dan pada tahun 90-an
sampai sekarang, maka media yang dipergunakan adalah ponsel (HP), PC
(komputer), dan internet.
Berdasarkan
data statistic Indonesia, terlihat bahwa terkhususnya di Indonesia,
terdapat 11,5 juta orang yang melakukan akses internet atau 5,2% dari
total penduduk Indonesia. Hal ini memberikan gambaran kepada kita bahwa
pertumbuhan pengguna internet di seluruh Indonesia berkembangan sangat
pesat dan sudah menjadi suatu kebutuhan utama bagi setiap
orang.Berdasarkan statistic dunia, pada saat ini, Indonesia masih
memiliki prosentasi penduduk yang cukup rendah dalam penggunaan
internet. Hal ini disebabkan karena keterbatasan sumberdaya yang ada dan
ketersediaan perangkat pendukungnya. Guna lebih rinci maka dapat
dilihat dalam gambar dibawah ini.Terkhusus untuk Negara-negara ASEAN,
Indonesia masih berada dibawah Singapura, Philiphina, Malaysia, dan
Thailand. Hal ini di sebabkan karena Indonesia merupakan Negara yang
memiliki populasi penduduk terbesar dan merupakan Negara kepulauan serta
memiliki pendapatan perkapita yang masih rendah.
A. Keuntungan dan Kerugian Internet
Berdasarkan
paparan diatas, terlihat bagi kita bahwa teknologi informasi, khususnya
internet memiliki peranan yang sangat penting dalam setiap dimensi
pendidikan. Internet memberikan kontribusi yang sangat besar didalam
membantu setiap dimensi yang ada untuk selalu mendapatkan informasi yang
up to date. Jaringan internet merupakan salah satu jenis jaringan yang
popular dimanfaatkan, karena internet merupakan teknologi informasi yang
mampu menghubungan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan
informasi dari berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dipakai secara
bersama-sama. Demikian juga dalam dunia pendidikan, berkat adanya
jaringan internet, maka dapat membantu setiap penyedia jasa pendidikan
untuk selalu mendapat informasi-informasi yang terkini dan sesuai dengan
kebutuhan.Pemanfaatan internet pada saat ini masih berada pada level
perguruan tinggi, dan itupun belum merata. Sedangkan pada level SD
sampai dengan SMU/SMK, pemanfaatan internet masih sangat minim dan
terbatas pada daerah perkotaan yang sudah memiliki jaringan atau koneksi
internet. Dilain pihak dalam dunia pendidikan, diperhadapkan pada
kendala bahwa metode pembelajaran konvensional yang diterapkan saat ini
sudah tidak memenuhi kebutuhan dunia pendidikan yang ada.
Asep
Saepudin (2003), menyatakan bahwa pada jenjang dan jalur pendidikan
lain di mana proses belajarnya relatif masih konvensional (tatap muka),
yang sesungguhnya sudah tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan pendidikan
untuk masyarakat yang semakin kompleks, memerlukan inovasi dan media
yang mampu menangulanginya.dengan diselenggarakannya program pendidikan
jarak jauh seperti Program Belajar Paket A dan Paket B, SMP Terbuka yang
didirikan pada tahun 1979, Universitas Terbuka sejak tahun 1984, serta
pendidikan guru tertulis pada tahun 1955, dan program pendidikan dan
pelatihan jarak jauh di berbagai departemen (A.P. Hardhono, 1997),
termasuk usaha menuntaskan program Wajar 9 tahun dengan memakai sistem
pendidikan jarak jauh, adalah fakta bahwa pendidikan konvensional (tatap
muka) tak mampu lagi memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat hampir di
semua jenis dan jenjang. Keterbatasan ini dikarenakan oleh beberapa
kendala, di antaranya.
1. kendala
dari pihak pemerintah yaitu terbatasnya dana untuk menambah lahan, gaji
tenaga pengajar, serta terbatasnya sumber daya manusia yang akan
menjadi pengajar pada institusi yang akan dibangun.
2. kendala
dari pihak peserta belajar (masyarakat) itu sendiri yaitu, selain
jauhnya jarak tempat tinggal dengan pusat sekolah, juga sebagian besar
di antara mereka telah bekerja. Berdasarkan pernyataan diatas, maka
nampaklah bagi kita bahwa metode yang ada saat ini tidak lagi menjamin
untuk menghasilkan kualitas sumberdaya manusia dalam dunia pendidikan.
Hal ini menyebabkan perkembangan pendidikan yang ada sat ini cenderung
tertinggal dibandingkan dengan Negara lainnya.
Guna
menjembatani ketimpangan dan kelemahan diatas, maka kehadiran teknologi
informasi, terkhususnya internet sangat penting dan mutlak dalam
memenuhi kebutuhan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, Asep
Saepudin (2005) menyatakan beberapa manfaat kehadiran teknologi
informasi terkhususnya internet:
1. Hampir
dapat dipastikan bahwa setiap kantor telah memiliki dan menggunakan
komputer. Demikian juga pada setiap keluarga, terutama diperkotaan
komputer sudah menjadi fasilitas biasa dan dapat dioperasikan oleh
hampir semua anggota keluarga. Jumlah keluarga yang mempunyai komputer
menunjukan peningkatan sebagai hasil kemajuan dari perkembangan ekonomi.
Ini berarti bahwa jumlah masyarakat yang mempunyai akses terhadap
komputer meningkat dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, program
pendidikan berbasis komputer dapat dikembangkan untuk kelompok
(masyarakat) ini.
2. proses
penyampain materi ajar yang akan ditransformasikan kepada peserta
belajar dapat lebih efektif dan efisien, karena di Indonesia sudah
banyaknya dibuat software pendidikan oleh para pakar komputer, walaupun
tergolong pada fase “early stage” dan bersifat sporadis dan belum
terkoordinir dengan baik. Saat ini sudah banyak software pendidikan yang
bermutu tinggi, namun biasanya software tersebut adalah buatan luar
negeri sehingga muncul kendala baru yaitu masalah bahasa inggris.
Beberapa
contoh software pendidikan yang dikenal diantaranya: computer assisted
instruction (CAI), yang umumnya software ini sangat baik untuk keperluan
remedial. intelligent computer assited instructional (ICAL), dapat
digunakan untuk material tau konsep. Computer assisted training (CAT),
computer assisted design (CAD), computer assisted media (CAM), dan
lain-lain.
Berdasarkan
pemahaman diatas, nampaklah bagi kita bahwa kehadiran internet dalam
dimensi pendidikan merupakan suatu hal yang mutlak, dan sudah merupakan
kebutuhan. Sebagai suatu kebutuhan, maka kehadiran internet pada
dasarnya sangat membantu dunia pendidikan untuk mengembangkan situasi
belajar mengajar yang lebih kondusif dan interaktif. Dimana para peserta
didik tidak lagi diperhadapkan dengan situasi yang lebih konvensional,
namun mereka akan sangat terbantu dengan adanya metode pembelajaran yang
lebih menekankan pada aspek pemakaian lingkungan sebagai sarana
belajar.
Oleh
karena itu, Elangoan, 1999, Soekartawi, 2002; Mulvihil, 1997; Utarini,
1997, dalam soekartawi (2003), menyatakan bahwa internet pada dasarnya
memberikan manfaat antara lain:
1)
Tersedianya fasilitas e-moderating di mana guru dan siswa dapat
berkomunikasi secara mudah melalui fasilitas internet secara regular
atau kapan saja kegiatan berkomunikasi itu dilakukan dengan tanpa
dibatasi oleh jarak, tempat dan waktu.
2)
Guru dan siswa dapat menggunakan bahan ajar atau petunjuk belajar yang
terstruktur dan terjadual melalui internet, sehingga keduanya bisa
saling menilai sampai berapa jauh bahan ajar dipelajari;
3)
Siswa dapat belajar atau me-review bahan ajar setiap saat dan di mana
saja kalau diperlukan mengingat bahan ajar tersimpan di komputer.
4)
Bila siswa memerlukan tambahan informasi yang berkaitan dengan bahan
yang dipelajarinya, ia dapat melakukan akses di internet secara lebih
mudah.
5)
Baik guru maupun siswa dapat melakukan diskusi melalui internet yang
dapat diikuti dengan jumlah peserta yang banyak, sehingga menambah ilmu
pengetahuan dan wawasan yang lebih luas.
6) Berubahnya peran siswa dari yang biasanya pasif menjadi aktif;
7)
Relatif lebih efisien. Misalnya bagi mereka yang tinggal jauh dari
perguruan tinggi atau sekolah konvensional, bagi mereka yang sibuk
bekerja, bagi mereka yang bertugas di kapal, di luar negeri, dsb-nya.
Berdasarkan
hal tersebut, maka ada beberapa keuntungan jikalau kita menggunakan
internet sebagai media pembelajaran dalam pendidikan:
1. Frekuensi
tatap muka bukan lagi menjadi suatu kebutuhan yang mutlak, namun hal
ini busa diakali dengan penyediaan bahan-bahan pengajaran yang dapat
langsung diakses melalui internet
2. Para peserta didik dapat langsung mendapatkan bahan-bahan yang selalu up- to date.
3. Para peserta didik dapat memperkaya bahan-bahan yang ada dengan melakukan pencaharian di internet.
Manfaat
internet pada dasarnya tidak terlepas dari kekurangan-kekurangan yang
ada. Hal ini sangat tergantung pada institusi pendidikan, apalagi
jikalau metode ini dipergunakan maka akan berimplikasi pada : 1)
ketersediaan sarana pendukung yang harus menunjang; 2) ketersediaan
jaringan internet yang memadai; 3) serta perlu pula didukung oleh
tingkat kecepatan yang memadai.
Dilain pihak, Bullen, (2001), Beam, (1997), dalam Soekartawi (2003), menyatakan bahwa kelemahan penggunaan internet adalah :
1)
Kurangnya interaksi antara guru dan siswa atau bahkan antar siswa itu
sendiri. Kurangnya interaksi ini bisa memperlambat terbentuknya values
dalam proses belajar dan mengajar;
2) Kecenderungan mengabaikan aspek akademik atau aspek sosial dan sebaliknya mendorong tumbuhnya aspek bisnis/komersial;
3) Proses belajar dan mengajarnya cenderung ke arah pelatihan daripada pendidikan;
4)
Berubahnya peran guru dari yang semula menguasai teknik
pembelajaran konvensional, kini juga dituntut mengetahui teknik
pembelajaran yang menggunakan ICT;
5) Siswa yang tidak mempunyai motivasi belajar yang tinggi cenderung gagal;
6)
Tidak semua tempat tersedia fasilitas internet (mungkin hal ini
berkaitan dengan masalah tersedianya listrik, telepon ataupun komputer);
7) Kurangnya tenaga yang mengetahui dan memiliki ketrampilan soal-soal internet;
8) Kurangnya penguasaan bahasa komputer.
Berdasarkan
pemahaman diatas, maka nampaklah bagi kita bahwa internet pada dasarnya
memiliki peranan yangcukup besar dan sangat penting dalam pengembangan
pendidikan. Namun hal ini juga perlu ditunjang oleh ketersediaan
sarana-prasarana yang mendukung, serta kesiapan pendidikan dan peserta
didik untuk beradaptasi dengan teknologi internet
2.4. bagaimana keuntungan memiliki blog dalam proses pendidikan
- Blog sebagai Sumber Informasi
Dalam dunia pendidikan dibutuhkan berbagai macam pengetahuan. Untuk itu
guru dan siswa haruslah memiliki berbagai macam buku untuk mengembangkan
pengetahuannya. Nah selain buku, ada satu wadah praktis yang bisa
dimanfaatkan yaitu blog. Kita bisa mencari berbagai macam pengetahuan
dari blog-blog yang ada didunia maya. Memang tingkat keakuratannya tidak
begitu tinggi, namun sangat bermanfaat sebagai pelengkap dari
pengetahuan yang kita miliki. Karena sebagai mana kita ketahui, internet
merupakan jaringan yang sangat cepat, sehingga informasi terbaru juga
akan lebih cepat didapatkan. Tentu saja ini membantu penambahan sumber
informasi bagi dunia pendidikan, baik itu untuk guru maupun siswa.
- Blog sebagai Media Pembelajaran
Pernahkah sobat melakukan belajar online bersama guru didunia maya? Ya,
semakin pesatnya teknologi memang memungkinkan semua itu akan terjadi.
Belajar bisa dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan blog. Biasanya
guru yang akan menyediakan bahan diblognya, kemudian para siswa akan
dituntut untuk membuka blog tersebut untuk mengikuti proses
pembelajaran. Suatu kegiatan yang mungkin terjadi saat ini.
- Blog sebagai Penunjang Bakat dan Minat
Fenomenanya pada saat sekarang ini, tidak semua siswa yang suka ngeblog.
Beberapa diantara siswa lebih memilih bakat didunia nyata dibandingkan
dunia maya. Contohnya siswa yang suka basket, dia tidak akan suka
ngeblog. Biasanya siswa yang suka ngeblog itu adalah siswa yang hobby
fotografi, sastra, seni atau lainnya. Dengan demikian siswa yang hobi
fotografi akan dengan mudah memampangkan hasil karya mereka diblognya.
Siswa yang hobi sastra akan lebih senang menulis diblognya. Siswa yang
hobi seni akan lebih sering memampangkan drama teater diblognya.
Otomatis blog sangat berfungsi bagi dunia pendidikan salah satunya
menunjang bakat dan minat siswa. Yah, kalau memang ada siswa yang tida
suka ngeblog, sebaiknya jangan dipaksakan.
- Blog sebagai Sarana Promosi Institusi
Dengan blog, sebuah institut pendidikan bisa mempromosikan diri. Ini
sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Sebagai calon siswa kita
akan dengan mudah mengetahui informasi tentang sebuah institut
pendidikan dari blog khusus yang mereka miliki.
- See more at: http://www.mungkinblog.com/2013/01/manfaat-blog-dalam-dunia-pendidikan.html#sthash.2dpXI5zt.dpuf- Blog sebagai Sumber Informasi
Dalam dunia
pendidikan dibutuhkan berbagai macam pengetahuan. Untuk itu guru dan siswa
haruslah memiliki berbagai macam buku untuk mengembangkan pengetahuannya. Nah
selain buku, ada satu wadah praktis yang bisa dimanfaatkan yaitu blog. Kita
bisa mencari berbagai macam pengetahuan dari blog-blog yang ada didunia maya.
Memang tingkat keakuratannya tidak begitu tinggi, namun sangat bermanfaat
sebagai pelengkap dari pengetahuan yang kita miliki. Karena sebagai mana kita
ketahui, internet merupakan jaringan yang sangat cepat, sehingga informasi
terbaru juga akan lebih cepat didapatkan. Tentu saja ini membantu penambahan
sumber informasi bagi dunia pendidikan, baik itu untuk guru maupun siswa.
- Blog sebagai Media Pembelajaran
Pernahkah
sobat melakukan belajar online bersama guru didunia maya? Ya, semakin pesatnya
teknologi memang memungkinkan semua itu akan terjadi. Belajar bisa dilakukan
dari jarak jauh dengan menggunakan blog. Biasanya guru yang akan menyediakan
bahan diblognya, kemudian para siswa akan dituntut untuk membuka blog tersebut
untuk mengikuti proses pembelajaran. Suatu kegiatan yang mungkin terjadi saat
ini.
- Blog sebagai Penunjang Bakat dan Minat
Fenomenanya
pada saat sekarang ini, tidak semua siswa yang suka ngeblog. Beberapa diantara
siswa lebih memilih bakat didunia nyata dibandingkan dunia maya. Contohnya
siswa yang suka basket, dia tidak akan suka ngeblog. Biasanya siswa yang suka
ngeblog itu adalah siswa yang hobby fotografi, sastra, seni atau lainnya.
Dengan demikian siswa yang hobi fotografi akan dengan mudah memampangkan hasil
karya mereka diblognya. Siswa yang hobi sastra akan lebih senang menulis
diblognya. Siswa yang hobi seni akan lebih sering memampangkan drama teater
diblognya. Otomatis blog sangat berfungsi bagi dunia pendidikan salah satunya
menunjang bakat dan minat siswa. Yah, kalau memang ada siswa yang tida suka
ngeblog, sebaiknya jangan dipaksakan.
- Blog sebagai Sarana Promosi Institusi
Dengan blog,
sebuah institut pendidikan bisa mempromosikan diri. Ini sangat berpengaruh
terhadap dunia pendidikan. Sebagai calon siswa kita akan dengan mudah
mengetahui informasi tentang sebuah institut pendidikan dari blog khusus yang
mereka miliki.
- Blog sebagai Sumber Informasi
Dalam dunia pendidikan dibutuhkan berbagai macam pengetahuan. Untuk itu
guru dan siswa haruslah memiliki berbagai macam buku untuk mengembangkan
pengetahuannya. Nah selain buku, ada satu wadah praktis yang bisa
dimanfaatkan yaitu blog. Kita bisa mencari berbagai macam pengetahuan
dari blog-blog yang ada didunia maya. Memang tingkat keakuratannya tidak
begitu tinggi, namun sangat bermanfaat sebagai pelengkap dari
pengetahuan yang kita miliki. Karena sebagai mana kita ketahui, internet
merupakan jaringan yang sangat cepat, sehingga informasi terbaru juga
akan lebih cepat didapatkan. Tentu saja ini membantu penambahan sumber
informasi bagi dunia pendidikan, baik itu untuk guru maupun siswa.
- Blog sebagai Media Pembelajaran
Pernahkah sobat melakukan belajar online bersama guru didunia maya? Ya,
semakin pesatnya teknologi memang memungkinkan semua itu akan terjadi.
Belajar bisa dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan blog. Biasanya
guru yang akan menyediakan bahan diblognya, kemudian para siswa akan
dituntut untuk membuka blog tersebut untuk mengikuti proses
pembelajaran. Suatu kegiatan yang mungkin terjadi saat ini.
- Blog sebagai Penunjang Bakat dan Minat
Fenomenanya pada saat sekarang ini, tidak semua siswa yang suka ngeblog.
Beberapa diantara siswa lebih memilih bakat didunia nyata dibandingkan
dunia maya. Contohnya siswa yang suka basket, dia tidak akan suka
ngeblog. Biasanya siswa yang suka ngeblog itu adalah siswa yang hobby
fotografi, sastra, seni atau lainnya. Dengan demikian siswa yang hobi
fotografi akan dengan mudah memampangkan hasil karya mereka diblognya.
Siswa yang hobi sastra akan lebih senang menulis diblognya. Siswa yang
hobi seni akan lebih sering memampangkan drama teater diblognya.
Otomatis blog sangat berfungsi bagi dunia pendidikan salah satunya
menunjang bakat dan minat siswa. Yah, kalau memang ada siswa yang tida
suka ngeblog, sebaiknya jangan dipaksakan.
- Blog sebagai Sarana Promosi Institusi
Dengan blog, sebuah institut pendidikan bisa mempromosikan diri. Ini
sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Sebagai calon siswa kita
akan dengan mudah mengetahui informasi tentang sebuah institut
pendidikan dari blog khusus yang mereka miliki.
- See more at: http://www.mungkinblog.com/2013/01/manfaat-blog-dalam-dunia-pendidikan.html#sthash.2dpXI5zt.dpuf- Blog sebagai Sumber Informasi
Dalam dunia pendidikan dibutuhkan berbagai macam pengetahuan. Untuk itu
guru dan siswa haruslah memiliki berbagai macam buku untuk mengembangkan
pengetahuannya. Nah selain buku, ada satu wadah praktis yang bisa
dimanfaatkan yaitu blog. Kita bisa mencari berbagai macam pengetahuan
dari blog-blog yang ada didunia maya. Memang tingkat keakuratannya tidak
begitu tinggi, namun sangat bermanfaat sebagai pelengkap dari
pengetahuan yang kita miliki. Karena sebagai mana kita ketahui, internet
merupakan jaringan yang sangat cepat, sehingga informasi terbaru juga
akan lebih cepat didapatkan. Tentu saja ini membantu penambahan sumber
informasi bagi dunia pendidikan, baik itu untuk guru maupun siswa.
- Blog sebagai Media Pembelajaran
Pernahkah sobat melakukan belajar online bersama guru didunia maya? Ya,
semakin pesatnya teknologi memang memungkinkan semua itu akan terjadi.
Belajar bisa dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan blog. Biasanya
guru yang akan menyediakan bahan diblognya, kemudian para siswa akan
dituntut untuk membuka blog tersebut untuk mengikuti proses
pembelajaran. Suatu kegiatan yang mungkin terjadi saat ini.
- Blog sebagai Penunjang Bakat dan Minat
Fenomenanya pada saat sekarang ini, tidak semua siswa yang suka ngeblog.
Beberapa diantara siswa lebih memilih bakat didunia nyata dibandingkan
dunia maya. Contohnya siswa yang suka basket, dia tidak akan suka
ngeblog. Biasanya siswa yang suka ngeblog itu adalah siswa yang hobby
fotografi, sastra, seni atau lainnya. Dengan demikian siswa yang hobi
fotografi akan dengan mudah memampangkan hasil karya mereka diblognya.
Siswa yang hobi sastra akan lebih senang menulis diblognya. Siswa yang
hobi seni akan lebih sering memampangkan drama teater diblognya.
Otomatis blog sangat berfungsi bagi dunia pendidikan salah satunya
menunjang bakat dan minat siswa. Yah, kalau memang ada siswa yang tida
suka ngeblog, sebaiknya jangan dipaksakan.
- Blog sebagai Sarana Promosi Institusi
Dengan blog, sebuah institut pendidikan bisa mempromosikan diri. Ini
sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Sebagai calon siswa kita
akan dengan mudah mengetahui informasi tentang sebuah institut
pendidikan dari blog khusus yang mereka miliki.
- See more at: http://www.mungkinblog.com/2013/01/manfaat-blog-dalam-dunia-pendidikan.html#sthash.2dpXI5zt.dpuf- Blog sebagai Sumber Informasi
Dalam dunia pendidikan dibutuhkan berbagai macam pengetahuan. Untuk itu
guru dan siswa haruslah memiliki berbagai macam buku untuk mengembangkan
pengetahuannya. Nah selain buku, ada satu wadah praktis yang bisa
dimanfaatkan yaitu blog. Kita bisa mencari berbagai macam pengetahuan
dari blog-blog yang ada didunia maya. Memang tingkat keakuratannya tidak
begitu tinggi, namun sangat bermanfaat sebagai pelengkap dari
pengetahuan yang kita miliki. Karena sebagai mana kita ketahui, internet
merupakan jaringan yang sangat cepat, sehingga informasi terbaru juga
akan lebih cepat didapatkan. Tentu saja ini membantu penambahan sumber
informasi bagi dunia pendidikan, baik itu untuk guru maupun siswa.
- Blog sebagai Media Pembelajaran
Pernahkah sobat melakukan belajar online bersama guru didunia maya? Ya,
semakin pesatnya teknologi memang memungkinkan semua itu akan terjadi.
Belajar bisa dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan blog. Biasanya
guru yang akan menyediakan bahan diblognya, kemudian para siswa akan
dituntut untuk membuka blog tersebut untuk mengikuti proses
pembelajaran. Suatu kegiatan yang mungkin terjadi saat ini.
- Blog sebagai Penunjang Bakat dan Minat
Fenomenanya pada saat sekarang ini, tidak semua siswa yang suka ngeblog.
Beberapa diantara siswa lebih memilih bakat didunia nyata dibandingkan
dunia maya. Contohnya siswa yang suka basket, dia tidak akan suka
ngeblog. Biasanya siswa yang suka ngeblog itu adalah siswa yang hobby
fotografi, sastra, seni atau lainnya. Dengan demikian siswa yang hobi
fotografi akan dengan mudah memampangkan hasil karya mereka diblognya.
Siswa yang hobi sastra akan lebih senang menulis diblognya. Siswa yang
hobi seni akan lebih sering memampangkan drama teater diblognya.
Otomatis blog sangat berfungsi bagi dunia pendidikan salah satunya
menunjang bakat dan minat siswa. Yah, kalau memang ada siswa yang tida
suka ngeblog, sebaiknya jangan dipaksakan.
- Blog sebagai Sarana Promosi Institusi
Dengan blog, sebuah institut pendidikan bisa mempromosikan diri. Ini
sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Sebagai calon siswa kita
akan dengan mudah mengetahui informasi tentang sebuah institut
pendidikan dari blog khusus yang mereka miliki.
- See more at: http://www.mungkinblog.com/2013/01/manfaat-blog-dalam-dunia-pendidikan.html#sthash.2dpXI5zt.dpuf
BAB III
PENUTUP
3.1Kesimpulan
Pada
dasarnya internet memberikan kemudahan bagi kita didalam mengembangkan
pendidikan dan pengajaran dalam bidang IPS dan sosiologi. Kehadiran
internet untuk saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi siapa saja, tidak
terbatas hanya pada pelaku bisnis, namun hal ini juga udah merambah
dalam berbagai bidang, terutama dunia pendidikan. Namun untuk menjadikan
internet sebagai basis pengajaran, kelemahan utamanya adalah
ketrsediaan sarana prasarana pendukung seperti jaringan internet,
ketersediaan komoputer, dan berbagai sarana lainnya yang mesti disedia.
Selain itu, perlu juga didukung dengan tingkat akses yang memadai.
Guna
mencapai tingkat pembelajaran yang efektif, maka sudah semestinya
setiap institusi pendidikan memanfaatkan perkembangan teknologi
informasi. Oleh karena itu, sudah saatnya kita perlu memikirkan
pemanfaatan teknologi informasi internet dalam setiap pengembangan
kurikulum dan bahan ajar di setiap sekolah.
3.2.Saran
1.sebaiknya jangan terlalu sering bermain internet setidaknya 3 kali seminggu
DAFTAR PUSTAKA3.2.Saran
1.sebaiknya jangan terlalu sering bermain internet setidaknya 3 kali seminggu
· Asep Saepudin, 2003, Penerapan Teknologi Informasi dalam Pendidikan Masyarakat, Jurnal Teknodik, Edisi No.12/VII/Oktober/2003
· Notodirojo, KMRT, Roy, Suryo,
2005., Teknologi Internet Mobile, Seminar Nasional Internet Mobile –
Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi – UKSW
· Kadir, Abdul, 2003., Pengenalan Sistem Informasi, Andi Jokjakarta
Sumber: http://iamumisholihat11.blogspot.com/2013/06/makalah-manfaat-internet-sebagai-media.html
· http://makalahmajannaii.blogspot.com/2012/09/manfaat-komputer-dalam-pembelajaran.html
:
http://www.mungkinblog.com/2013/01/manfaat-blog-dalam-dunia-pendidikan.html#sthash.2dpXI5zt.dpuf
http://sarahberlianda8.blogspot.com/2015/03/pemanfaatan-internet-dan-keuntungan.html
nama blog teman2 sekelas 9-2
http://tasktaskanswered.wordpress.com
http://maharanikatansa.blogspot.com
http://umayrohmuti.blogspot.com
http://arifanakpendiam.blogspot.com/
soviesofia.blogspot.com
http://genesismarvel.blogspot.com
http://agnesdek82.blogspot.com
http://angelinlianata.blogspot.com/
http://cindydelapandua.blogspot.com/
http://claristhygrishelda.blogspot.com/
http://ensicopydia.blogspot.com/
http://febriansyahhr.blogspot.com/
http://leonardorizky7.blogspot.com/
http://fathurhmn.blogspot.com/
http://farrelgentala.blogspot.com/
http://rizkyirdhan.blogspot.com/
http://natashaalifia10.blogspot.com/
ini nama blog guru TIK TERGANTENG gue
http://faradika.com/
nama blog teman2 sekelas 9-2
http://tasktaskanswered.wordpress.com
http://maharanikatansa.blogspot.com
http://umayrohmuti.blogspot.com
http://arifanakpendiam.blogspot.com/
soviesofia.blogspot.com
http://genesismarvel.blogspot.com
http://agnesdek82.blogspot.com
http://angelinlianata.blogspot.com/
http://cindydelapandua.blogspot.com/
http://claristhygrishelda.blogspot.com/
http://ensicopydia.blogspot.com/
http://febriansyahhr.blogspot.com/
http://leonardorizky7.blogspot.com/
http://fathurhmn.blogspot.com/
http://farrelgentala.blogspot.com/
http://rizkyirdhan.blogspot.com/
http://natashaalifia10.blogspot.com/
ini nama blog guru TIK TERGANTENG gue
http://faradika.com/
No comments:
Post a Comment